Xiaomi, sebuah vendor smartphone yang berasal dari Tiongkok ini mampu menarik perhatian banyak orang
Xiaomi, sebuah vendor smartphone yang berasal dari Tiongkok ini
mampu menarik perhatian banyak orang. Xiaomi mulai berkiprah di ranah
smartphone sudah sejak 2011 yang lalu, namun namanya mulai santer terdengar
kira-kira tahun 2013. Dan sejak saat itulah, vendor smartphone dari negeri
Tirai Bambu ini mulai mencuri perhatian para pecinta gadget di banyak belahan dunia.
Mereka bisa dengan cepat bersaing dengan vendor raksasa lain
seperti Samsung. Bahkan mereka semakin kuat dan mampu mengeluarkan produk yang
menarik bagi konsumen. Hal itu dapat dibuktikan yang mana pada tahun 2015 lalu,
Xiaomi menempati peringkat ke empat sebagai produsen smartphone terbesar di
dunia.
Bahkan momen flash sale yang menjadi metode penjualan produk
terbaru mereka selalu diserbu habis pencinta Xiaomi hanya dalam hitungan menit
saja.
Tapi tahu kah kamu kenapa Xiaomi bisa sesukses ini di
pasaran?
Harga Murah dengan Spesifikasi Wah!
Xiaomi merancang smartphone mereka dengan menyematkan
spesifikasi yang diatas standar tapi yang menjadi sorotan masyarakat adalah
harga yang mereka pasang.
Harganya yang mereka pasang cenderung lebih terjangkau
dibandingkan smartphone lainnya untuk spesifikasi yang sama. Harga yang murah ini disebabkan strategi Xiaomi yang bisa
memangkas biaya produksi hingga membuat harga di konsumen jauh lebih murah.
Umumnya orang menggunakan media massa untuk mempromosikan
produknya sebagai salah satu strategi market, namun Xiaomi justru melakukan hal
yang sebaliknya.
Xiaomi sama sekali tidak menggunakan iklan secara komersial
melainkan menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memperkenalkan setiap smartphone terbarunya.
Dan pernahkan kamu mendengar siapa brand ambassador Xiami di
Indonesia? Xiaomi ternyata tak menggunakan cara ini ketika smartphone lain menggaet
banyak artis untuk jadi brand ambassador. Hal itulah yang membuat harga Xiaomi
lebih murah karena tidak terbebani membayar brand ambassador dengan harga
selangit.
Tepat Menentukan Strategi Pemasaran
Vendor Samsung atau Apple telah memiliki banyak seri yang
mereka keluarkan namun hal itu tidak dilakukan oleh Xiaomi, mereka justru hanya
mengeluarkan 2 buah seri Xiaomi yang mempunyai target pasar masing-masing. Dengan
begitu, Xiaomi bisa lebih berfokus untuk memproduksi beberapa smarphone pilihan
dalam kurun waktu tertentu.
Xiaomi Redmi Series menargetkan pasar kalangan menengah ke
bawah. Sedangkan Mi Series menjadi target pasar kalangan menengah ke atas.
Xiaomi bekerjasama dengan berbagai e-commerce untuk
mempromosikan produknya. Xiaomi biasanya melakukan flash sale untuk produk baru
yang baru mereka rilis dan selalu diserbu habis pencinta Xiaomi hanya dalam
hitungan menit saja.
Metode flash sale yang diterapkan oleh Xiaomi dinilai sangat
efektif untuk menekan biaya pemeliharaan dan juga gudang penyimpanan. Sehingga,
tidak akan ada produk - produk yang menumpuk di gudang penyimpanan.
Indonesia merupakan salah satu target terbesar produk
smarphone dari Xiaomi. Selain itu mereka juga melihat apa saja peluang dan
mampu menyesuaikan produk mereka dengan keinginan konsumen.
Karena tidak ingin kehilangan peminatnya di Indonesia,
akhirnya Xiaomi resmi mendirikan pabriknya di Indonesia. Hingga pada Februari
2017, Xiaomi akhirnya resmi memperkenalkan smartphone terbarunya Xiaomi Redmi
4A yang dibuat di Indonesia tepatnya di Batam yang dijual dengan harga yang terjangkau
dengan spesifikasi yang menggiurkan.
Kerjasama Strategis
Qualcomm merupakan salah satu produsen chipset terbesar di
dunia yang mana selalu menghadirkan chipset - chipset berkualitas dan kuat.Dan Xiaomi dengan keputusan yang tepat telah menjalin
kerjasama dengan Qualcomm sebagai produsennya.
Hal ini membuat mereka mampu
mendapatkan chipset Qualcomm dengan harga yang lebih murah.
Hampir semua smartphone besutan Xiaomi sudah dibekali dengan
prosessor snapdragon.
Satu lagi strategi dari Xiaomi agar dapat menghadirkan
smartphone dengan harga murah adalah dengan menggandeng pihak tertentu seperti layanan
provider Indosat pada setiap smartphone terbaru mereka.
Dengan cara ini pihak Xiaomi akan mendapatkan banyak
keuntungan begitu pula dengan pihak yang bekerjasama dengannya.
Memiliki Komunitas Garis Keras
Xiaomi juga menjadi produk smartphone yang punya fans garis
keras. Xiaomi memberikan wadah berupa forum Mi Community yang anggotanya adalah
pemakai Xiaomi. Di forum ini, Mifans bisa saling berbagi pengalaman dan sharing
tentang produk dan penggunaan Xiaomi.
Tidak hanya dalam forum aplikasi, Mifans juga aktif dalam
media social yang selalu memberikan pengalamannya tentang Xiaomi dengan
menggunakan #MendingXiaomi dan bahkan
sempat membuat acara meet up bareng.
Lalu, pantaskah Xiaomi disebut sebagai pesaing berat
Samsung? Xiaomi memang menjadi salah satu pesaing Samsung tetapi tetap ingat
bahwa masih banyak vendor smartphone lain yang memiliki keunggulannya masing –
masing.
Bahkan mereka bisa menghadirkan smartphone seperti Xiaomi
Redmi Note 4, Xiaomi Mi A1 hingga Xiaomi Redmi 5A dengan dapur pacu baik dengan
rentan harga yang mudah dijangkau.
Xiaomi memang memiliki keunggulan yang sudah dibahas diatas
tapi tetap mereka masih mempunyai banyak pekerjaan rumah. Tapi tentu Xiaomi
pantas diacungi jempol atas usaha mereka atas smarphone yang mereka hadirkan.