Archive Pages Design$type=blogging$count=15

3 Hiburan Ini Bikin Anak Betah selama Social Distancing Corona

Perlunya hiburan dan tips khusus untuk membuat anak betah berdiam diri di dalam rumah selama social distancing masih berlangsung.

3 Hiburan Ini Bikin Anak Betah selama Social Distancing Corona - Clouidnesia
Sejak kehadiran virus corona di ranah publik, hal ini membuat istilah social distancing menjadi booming. Kegiatan yang membatasi pergerakan di luar rumah supaya tidak bertemu dengan banyak orang saat ini sedang dilakukan oleh semua orang. Hal ini dilakukan demi mengantisipasi terjadinya penyebaran virus COVID-19. 

Maka dari itu banyak pemerintah provinsi dan daerah mulai menutup sekolah hingga berbulan-bulan. Dimana semua kegiatan sekolah mulai dilakukan di rumah. Harapannya adalah supaya kesehatan anak-anak tetap terjaga selama pandemi virus COVID-19. Sayangnya dengan tidak berangkat ke sekolah membuat anak harus tetap berdiam diri di dalam rumah.

Sehingga hal ini membuat anak terkadang mudah merengek karena stres harus berdiam diri saja di dalam rumah tanpa kegiatan apapun. Karena selama tidak berangkat sekolah, mereka harus tetap belajar di rumah dan dilarang bermain di luar rumah secara bebas. Maka dari itu butuh hiburan dan tips khusus untuk membuat anak betah berdiam diri di dalam rumah selama social distancing masih berlangsung.

Tips Membuat Anak-Anak Betah di Rumah

Berdasarkan salah satu Psikologi Anak, yaitu Irma Gustiana, M. Psi, Psi menyebutkan bila untuk mengatasi kebosanan pada anak-anak selama berdiam diri di rumah, orang tua harus mengajak anak-anak untuk melakukan kegiatan yang kreatif. Sehingga anak-anak tetap dapat bermain dan bereksplorasi seperti biasanya meskipun tidak harus ke luar rumah.

3 Hiburan Ini Bikin Anak Betah selama Social Distancing Corona - Clouidnesia
Foto oleh Victoria Borodinova dari Pexels

Bila perlu, berikan penjelasan kepada mereka bahwa keluar rumah di momen seperti ini sangat berbahaya sekali untuk kesehatannya. Maka dari itu Anda sebagai orang tua harus memperkenalkan kepada mereka tentang apa itu virus corona, kenapa wajib menjaga jarak dengan orang lain atau dilarang bersentuhan, dll. Namun meskipun begitu jangan membuatnya semakin merasa takut berlebihan, karena bisa menyebabkan kepanikan dan stres.

Sebisa mungkin sampaikan informasi ini dengan baik supaya anak-anak tidak merasa terlalu terganggu selama wabah COVID-19 masih menyerang. Maka dari itu untuk membuat anak-anak betah di dalam rumah, Anda harus mengajak mereka bermain sebuah permainan yang kreatif agar mereka tidak bosan selama harus melakukan karantina mandiri.

3 Hiburan Terbaik untuk Anak-Anak selama Wabah Corona

Di bawah ini adalah contoh 3 hiburan terbaik yang bagus untuk anak-anak supaya betah di rumah selama virus COVID-19 masih berkeliaran di luar sana, antara lain:

1. Cobalah membuat istana pasir di rumah

Jadi bila Anda memiliki mainan pasir kinetik, sekaranglah saatnya untuk mengajak mereka bermain membuat istana pasir menjadi berbentuk istana. 

Cara ini efektif melatih motorik, kognitif, bahasa, dan sensoris anak-anak supaya mereka tetap kreatif meskipun harus berdiam diri di dalam rumah.

3 Hiburan Ini Bikin Anak Betah selama Social Distancing Corona - Clouidnesia
Foto oleh Scott dari Pexels

2. Mengajak untuk memainkan peran 

Cobalah untuk mengajak mereka bermain peran. Misalnya saja bila sebelumnya dia menyukai tuan putri, maka ajaklah bermain peran supaya mereka menjadi putri seperti yang diinginkannya. 

Sehingga permainan ini akan membantu emosinya lebih stabil dan efektif meningkatkan rasa percaya diri mereka di depan umum untuk ke depannya.

3 Hiburan Ini Bikin Anak Betah selama Social Distancing Corona - Clouidnesia
Foto oleh Emma Bauso dari Pexels

3. Hiburan lainnya yang menarik adalah berkemah di dalam rumah. 

Permainan ini dapat meningkatkan sistem motorik anak-anak supaya tetap aktif meskipun harus karantina mandiri. Cukup gunakan bantal, selimut, kursi makan, dan tikar saja, maka anak-anak siap berkemah di dalam rumah.

3 Hiburan Ini Bikin Anak Betah selama Social Distancing Corona - Clouidnesia
Foto oleh Matheus Bertelli dari Pexels

Selama wabah COVID-19 masih terjadi, banyak orang tua yang memiliki anak masih berusia balita mungkin menjadi bingung untuk mengatasi masalah ini. Maka dari itu perhatikan beberapa tips di atas, bila perlu cobalah salah satu contoh hiburan di atas supaya anak tetap betah di rumah selama melakukan kegiatan social distancing pada saat musim corona.

COMMENTS

ENTERTAINMENT$type=two$height=auto$meta=no$snippet=no$readmore=no

LIFESTYLE$type=left$va=0$count=4

TRAVEL$type=right$va=0$count=4

Name

Animal Entertain Entertainment Family Film Food Game Health Hot News Lifestyle Otomotif Rekomendasi App Review Film Sinopsis Film Sport Technology Travel Traveling ZETA - Bisma Duta ZETA - Sinta Rizky
false
ltr
item
Clouidnesia: 3 Hiburan Ini Bikin Anak Betah selama Social Distancing Corona
3 Hiburan Ini Bikin Anak Betah selama Social Distancing Corona
Perlunya hiburan dan tips khusus untuk membuat anak betah berdiam diri di dalam rumah selama social distancing masih berlangsung.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggA7ALATKWZun1k2UZh7TbsDAKdUfOCArKXp4ey0tlc-YMcdClHLt2fwYP7DYiiVB6zZTMaDZOARHMhrdF5Pl-yB6wRq6KaaZu6nNgltfMVdeITcotm6ppdrPbT9k_Q-UY0iLrql2B5Cg/s640/baby-touching-woman-s-face-1257110.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggA7ALATKWZun1k2UZh7TbsDAKdUfOCArKXp4ey0tlc-YMcdClHLt2fwYP7DYiiVB6zZTMaDZOARHMhrdF5Pl-yB6wRq6KaaZu6nNgltfMVdeITcotm6ppdrPbT9k_Q-UY0iLrql2B5Cg/s72-c/baby-touching-woman-s-face-1257110.jpg
Clouidnesia
https://clouid.blogspot.com/2020/04/3-hiburan-ini-bikin-anak-betah-selama.html
https://clouid.blogspot.com/
https://clouid.blogspot.com/
https://clouid.blogspot.com/2020/04/3-hiburan-ini-bikin-anak-betah-selama.html
true
3232573034210294857
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago