Archive Pages Design$type=blogging$count=15

6 Kebiasaan Meningkatkan Kesehatan Otak

Hubungan antara otak dan tubuh kita dan dunia di sekitar kita sangat kompleks. Apa yang Anda lakukan atau tidak lakukan dapat secara signifikan mengub

6 Kebiasaan Meningkatkan Kesehatan Otak - Clouidnesia
Hubungan antara otak dan tubuh kita dan dunia di sekitar kita sangat kompleks. Apa yang Anda lakukan atau tidak lakukan dapat secara signifikan mengubah kesehatan dan kesejahteraan Anda. Otak yang sehat ditentukan oleh faktor biologis dan fisiologis - gen, hormon, sistem kekebalan, nutrisi, olahraga, dan pilihan gaya hidup lainnya.

Faktor sosial, psikologis dan lingkungan termasuk hubungan, stres, emosi, pola pikir, peristiwa kehidupan, dan keadaan saat ini juga berkontribusi terhadap kesehatan otak Anda. Setiap elemen dapat memengaruhi yang lain dengan cara multi-arah dan dinamis. Misalnya, pikiran Anda dapat memengaruhi kesehatan fisik Anda (itulah sebabnya stres kronis dapat menyebabkan irama jantung yang tidak normal atau serangan jantung).

Semua orang ingin menjalani kehidupan yang aktif dan bersemangat selama mungkin. Dan tujuan itu tergantung pada kesehatan otak yang kuat. Anda tidak dapat berbuat banyak tentang gen Anda, tetapi faktor fisiologis, sosial, dan lingkungan lainnya dapat dimodifikasi untuk meningkatkan otak Anda.

Otak kita menurun secara alami jika kita tidak melakukan apa pun untuk melindunginya. Namun, jika kita campur tangan lebih awal, kita dapat memperlambat proses penurunan - lebih mudah untuk melindungi otak yang sehat daripada mencoba memperbaiki kerusakan setelah selesai. Anda dapat meningkatkan kebiasaan gaya hidup Anda untuk mempromosikan otak yang sangat sehat - yang bebas dari penyakit fisik atau mental, penyakit, dan rasa sakit. Kita memiliki kendali lebih besar atas otak penuaan kita daripada yang kita sadari.

Kebiasaan ini hanyalah pengingat - Anda sudah tahu pentingnya pilihan gaya hidup ini. Dibayar untuk melakukan upaya sadar untuk membantu diri Anda sendiri - otak Anda akan berterima kasih.

1. Otak yang sehat mengetahui nilai jangka panjang dari makanan otak

Itu berarti makan banyak makanan yang berhubungan dengan penurunan kognitif yang melambat - blueberry, sayuran (sayuran berdaun hijau - kangkung, bayam, brokoli), biji-bijian utuh, mendapatkan protein dari ikan dan kacang-kacangan dan memilih lemak tak jenuh sehat (minyak zaitun) di atas lemak jenuh (mentega). Hubungan antara apa yang masuk ke tubuh Anda dan bagaimana kinerja otak Anda kuat. Diet ini juga baik untuk otak, jantung, dan pembuluh darah Anda.

2. Otak yang sehat menciptakan ketenangan: Itu sangat penting!

Temukan saat atau tempat tenang Anda dan pisahkan diri dari stres kronis. Temukan tempat atau momen tenang Anda, dan lakukan sesuatu yang menyenangkan yang membuat Anda menjadi hidup - proyek hasrat pribadi dapat membantu Anda mengalami kesulitan.

3. Bahkan 20 menit jalan cepat setiap hari bermanfaat untuk menjaga otak yang sehat

Aktivitas fisik adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk otak dan tubuh Anda. Anda sudah tahu manfaat olahraga yang tak terhitung jumlahnya. Ada banyak penelitian yang telah menemukan bahwa hampir semua jenis aktivitas fisik - berjalan, berlari, bersepeda, olahraga ringan, dan bahkan olahraga yang penuh perhatian seperti yoga berkontribusi pada peningkatan kinerja kognitif.

Olahraga merangsang otak untuk melepaskan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF), sebuah molekul penting untuk memperbaiki sel-sel otak dan menciptakan koneksi di antara mereka. Berjalan-jalan di luar ruangan membuat Anda jauh dari perangkat digital dan masuk ke alam. Anda akan melakukan yang terbaik saat berjalan.

4. Terlibat dalam aktivitas yang merangsang mental menciptakan koneksi otak baru dan cadangan kognitif yang lebih banyak

Merangsang dan menantang otak membantu otak tetap bugar dan bersemangat. Luangkan waktu dalam pikiran baru. Untuk meningkatkan kesehatan otak Anda, cobalah untuk melakukan satu kegiatan yang menantang pikiran setiap hari - habiskan waktu dalam pikiran baru. Keinginan untuk belajar dan memahami orang lain, gagasan, budaya, dan konsep dapat meningkatkan otak Anda.

Pembelajaran seumur hidup dan pekerjaan yang menantang secara mental membangun cadangan kognitif. Temukan kegiatan yang cukup menantang yang dapat Anda praktikkan secara rutin - cobalah kegiatan yang menggabungkan tantangan mental, sosial dan fisik.

5. Buat koneksi yang berarti agar tetap tajam

Kita adalah makhluk sosial - koneksi sosial yang bermakna membuat kita lebih bahagia. Kebahagiaan membuat otak Anda bekerja lebih baik. Studi psikologis menunjukkan bahwa percakapan merangsang otak. Ini mungkin tampak mudah bagi banyak orang, tetapi membutuhkan kombinasi keterampilan yang kompleks termasuk perhatian, ingatan, pemikiran, ucapan, dan kesadaran sosial.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health menemukan bahwa interaksi sosial yang lebih baik dapat membantu melindungi otak terhadap demensia dan Alzheimer. Koneksi sosial sama pentingnya dengan pertumbuhan kita seperti kebutuhan akan makanan, keamanan, dan tempat tinggal. Keinginan untuk terhubung adalah kebutuhan manusia seumur hidup.

Para peneliti di Oregon Health & Science University dan University of Michigan telah menyarankan bahwa interaksi dan percakapan manusia bisa menjadi kunci untuk mempertahankan fungsi otak seiring bertambahnya usia. Teman, keluarga, dan koneksi sosial yang mendukung membantu Anda hidup lebih lama, lebih bahagia, dan lebih sehat. Bersosialisasi mengurangi efek berbahaya dari stres.

6. Otak yang sehat tidak mengabaikan atau kurang menghargai kualitas tidur dan "istirahat yang terjaga"

Tidur adalah yang utama, fondasi kesehatan yang baik. Tidur nyenyak setiap malam harus menjadi prioritas, bukan kemewahan. Selain mendapatkan tidur malam yang baik dan berkualitas, luangkan waktu untuk "istirahat penuh" - ada baiknya Anda merencanakan waktu istirahat di antara jadwal sibuk Anda. Rencanakan waktu henti di kalender Anda.

Setelah hari yang sibuk, berikan waktu pada otak Anda untuk pulih - duduk, tutup mata Anda dan biarkan pikiran Anda berkelana (pikiran spontan dalam kehidupan kita yang terjaga) - dengan pengetahuan bahwa otak Anda sibuk mengumpulkan informasi. Dalam sebuah studi tentang Meningkatkan Memori Jangka Panjang melalui Wakeful Rest, penulis menemukan bahwa " wakeful rest " - tanpa stimulasi eksternal - memungkinkan otak untuk mengkonsolidasikan memori dari apa yang telah dipelajari.

Tidak pernah terlalu dini atau terlalu terlambat untuk mulai hidup lebih sehat. Kebiasaan sehari-hari Anda memiliki dampak lebih besar pada berapa lama dan seberapa baik Anda hidup - rencanakan untuk makan dengan baik, berjalan-jalan pendek, terlibat dalam stimulasi mental, dan mengelola koneksi sosial Anda untuk kesehatan otak yang lebih baik.

COMMENTS

ENTERTAINMENT$type=two$height=auto$meta=no$snippet=no$readmore=no

LIFESTYLE$type=left$va=0$count=4

TRAVEL$type=right$va=0$count=4

Name

Animal Entertain Entertainment Family Film Food Game Health Hot News Lifestyle Otomotif Rekomendasi App Review Film Sinopsis Film Sport Technology Travel Traveling ZETA - Bisma Duta ZETA - Sinta Rizky
false
ltr
item
Clouidnesia: 6 Kebiasaan Meningkatkan Kesehatan Otak
6 Kebiasaan Meningkatkan Kesehatan Otak
Hubungan antara otak dan tubuh kita dan dunia di sekitar kita sangat kompleks. Apa yang Anda lakukan atau tidak lakukan dapat secara signifikan mengub
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiCzn_9cEJRJlMnpzfxu_DOo7H87AGyaw96hg2_ykkN-kQvP3NfkOEbxQZtN2BSsCnltfLOnRQDT5KmBg-Nv-vXhoTD8pj0va7Bfch6ZJG_JiYlst_uLlOGfSoBgwVC96mvrJDduS98HgU/w640-h426/photo-of-woman-looking-at-the-mirror-774866.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiCzn_9cEJRJlMnpzfxu_DOo7H87AGyaw96hg2_ykkN-kQvP3NfkOEbxQZtN2BSsCnltfLOnRQDT5KmBg-Nv-vXhoTD8pj0va7Bfch6ZJG_JiYlst_uLlOGfSoBgwVC96mvrJDduS98HgU/s72-w640-c-h426/photo-of-woman-looking-at-the-mirror-774866.jpg
Clouidnesia
https://clouid.blogspot.com/2020/05/6-kebiasaan-meningkatkan-kesehatan-otak.html
https://clouid.blogspot.com/
https://clouid.blogspot.com/
https://clouid.blogspot.com/2020/05/6-kebiasaan-meningkatkan-kesehatan-otak.html
true
3232573034210294857
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago